Materi pertama yang terpenting dalam pendidikan agama di perguruan tinggi, menurut hemat penulis, ialah pendahuluan. Pendahuluan ini sebaiknya diisi dengan materi uraian tentang betapa pentingnya kedudukan agama bagi manusia umumnya dan bagi para (calon) sarjana dan cendikiawan khususnya.
Etika Pancasila merupakan filsafat praktis,naka isi yang kami sajikan dalam buku ini konsisten dengan pengalaman pancasila baik yang obyektif maupun subyektif. Etika adalah cabang filsafat atau cabang aksiologi yang membicarakan manusia tertama tinggkah laku dan perbuatan yang dilakukan dengan sadar dilihat dari kacamata baik-buruk/filsafat moral atau filsafat kesusilaan. Pancasila adalah dasar…
Kajian islam melalui salah satu disiplin ilmu, diharapkan dapat menunjang pembentukan kepribadian dan kompetensi profesional lulusan perguruan tinggi. Dengan demikian pendidikan agama islam, selain berfungsi membentuk kepribadian mahasiswa dan menunjang proses belajar mengajar, juga diharapkan dapat ikut mendorong kemajuan ilmu teknologi atau sekurang - kurangnya menghilangkan pandangan dikotom…
Mempelajari Filsafat Hukum bermakna memperluas cakrawala pandang sehingga dapat memahami dan mengkaji dengan kritis atas hukum. Dengan demikian, memahami filsafat hukum membawa pengaruh terhadap pembentukan kaidah hukum sebagai hukum in abstracto ( aturan-aturan umum ). Dari buku ini penulis mengajak pembaca mencari hakikat hukum, mengetahui kebenaran di balik hukum, mencari mulai dari yang ter…
Administrasi didalam buku ini didefisinikan sebagai keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan segalanya.
Buku ini menyajikan semacam pengantar untuk mahami filsafat bahasa, filsafat pendidikan, dan filsafat pendidikan bahasa. Dengan demikian kegunaan buku ini terutama menggugah, membuka mata, dan merangsang pembacanya untuk memikirkan kembli profesi yang selama ini dipilihnya selama hidup.
Pada buku ini pengarang mencoba merumuskan garis-garis besar landasan filosofis pendidikan. menurutnya sistem pendidikan yang bermutu bergantung pada upaya pemahaman seluk beluk ilmu pendidikan sebagai salah satu bentuk teori pendidikan.
Buku ini menyajikan konsep pembaruan pendidikan islam dalam perspektif keilmuan yang integratif-interkonektif. Paradigma keilmuan integratif-interkonektif menyajikan kajian terhadap falsafah, sains, dan agama islam sebagai hubungan antar entitas yang bsaling terkait (interconnected entities). Konsep penulis ditemukan dari indentifikasi terhadap empat problem yang dihadapi oleh pendidikan islam,…